atau masuk melalui
Buat Akun Baru
atau masuk melalui

Air Terjun Madakaripura Probolinggo Jawa Timur

Image

Air Terjun Madakaripura Probolinggo Jawa Timur

Air Terjun Madakaripura memberikan pemandangan alam berupa air terjun yang amat cantik. Tempat wisata air terjun Madakaripura salah satu tempat wisata air terjun yang terletak di kawasan taman nasional bromo tengger semeru. Ketika pertama kali Anda datang ke tempat ini, Anda akan dibuat terkagum-kagum setelah melihat air terjun yang mengalir di antara dua dinding tebing bebatuan. Tebing-tebing ini seolah berusaha mencegah sinar matahari menembus ke bawah. Suasana tenang dihiasi suara air yang syahdu. Air terjun ini berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebing seperti layaknya hujan. Keindahan objek wisata ini memang tidak dapat dipungkiri, berada jauh didalam pegunungan membuat tempat ini senantiasa asri dan natural. Hal ini akan Nampak ketika Anda berada dalam perjalanan menuju destinasi ini.

Lokasi Air terjun Madakaripura

Lokasi Air terjun Madakaripura ini terletak di Dusun Branggah Desa Negororejo yang berada di Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggi. Air Terjun Madakaripura Jawa Timur terkenal sebagai air terjun tertinggi yang berada di Pulau Jawa dan banyak para wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahannya. Air terjun ini memiliki ketinggian  sekitar 200 meter. Selain tertinggi di Pulau Jawa, air terjun  Madakaripura dinobatkan sebagai air terjun tertinggi kedua setelah air terjun Sigura-gura yang terletak di daerah Ssumatera Utara.

Banyak keindahan yang dapat Anda eksplor di kawasan air terjun ini. Seperti halnya goa yang terletak tepat di bawah air terjun utama. Ketika Anda ingin menemukan goa ini, Anda harus melewati kolam air yang memiliki luas sekitar kurang lebih 25 meter persegi. Sedangkan kedalaman dari kolam ini sendiri sekitar 7 m dan kola mini memiliki arus air yang sangat deras. Air terjun ini memiliki arsitektur yang unik, Anda akan sangat terkesima dengan keindahan yang ada pada air terjun ini. Anda tersentak kagum dengan keidahan yang di ciptakan oleh Sang Maha Pencipta.

SEJARAH AIR TERJUN MADAKARIPURA

Madakaripura, bagi Anda yang berasal dari jawa timur pastinya sudah familiar dengan kata ini, dan Anda akan langsung tertuju pada sosol pahlawan besar ang mampu menyatukan Nusantara di bawah satu bendera gula kelapa Majapahit yakni Maha Patih Gajah Mada.

Jika kita runut lebih dalam, air terjun Madakaripura ini berkaitan erat dengan sejarah panjang kerajaan Majapahit. Patih Gajah Mada beserta Hayam Wuruk berhasil menyatukan Nusantara. Patih Gajah Mada sendiri memilki keahlian yang luar biasa dibidang strategi, diplomasi, bahkan perang. Sebab itulah Patih Gajah Mada mampu dipercaya raja-raja Nusantara.

Menurut penduduk setempat nama Madakaripura, memiliki arti “tempat terakhir”. Nama ini diambil dari cerita yang telah beredar di zamannya. Konon Patih Gajah Mada menghabiskan akhir hayatnya dengan bersemedi di lokasi air terjun ini. Lokasi persemedia Patih Gajah Mada di goa yang berada di air terjun utama.

Cerita ini diperkuat dengan adanya arca Gajah Mada yang berada di tempat parker area air terjun Madakaripura ini. Awalnya kawasan ini merupakan tanah perdikan yang diberikan Raja Majapahit sebagai hadiah kepada Gajah Mada atas kerja kerasanya mempersatukan Nusantara, dengan sumpahnya yang terkenal dengan sebutan “Sumpah Palapa.”

Isi dari sumpah tersebut adalah : “Sira Ggajah Mada papatih amungkubumi tan ayun amukti palapa, sira Gajah Mada: Lamun huwus kalah nusantara ingsun amukti palapa, lamun kalah ring Seram, Tanjungpura, ring Haru, ring Pahang, Dompu, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana ingsun amukti palapa.” Bila diartikan kedalam bahasa Indonesia memiliki arti: bahwa Gajah mada tidak akan memakan buah palapa (kemewahan, puasa) sebelum beliau bisa mempersatukan bumi pertiwi (Nusantara). Disebutkan dalam hal ini adalah kerajaan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik dimana beberapa kerajaan tersebut kala itu masih terpecah belah belum bersatu.

Objek wisata Madakaripura sendiri mempunyai sejuta misteri, dimana tempat ini memiliki aura mistis yang dapat Anda rasakan ketika sudah memasuki kawasan air terjun ini. Bagi yang tidak terbiasa mungkin akan membuat bulu kuduk merinding. Tetapi jangan takut, dan berkecil untuk mengurungkan niat mendatangi objek wisata ini. Jika Anda datang dengan niat baik, maka tidak akan terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Menurut kepercayaan yang beredar di tengah-tengah masyarakat sekitar. Anda disarankan untuk meninggalkan tempat ini sebelum pukul 14.00. Karena dipercaya akan terjadi hujan yang dapat mempengaruhi debet air secara tiba-tiba disekitar aliran air terjun. Hal ini dirasa cukup berbahaya, dan memungkinkan Anda suit untuk meninggalkan tempat ini.

Di luar kepercayaan yang dipercayaoleh masyarakat. Tempat wisata ini menonjilkan daya Tarik tersendiri. Tak heran jika beberapa travel agent yang menyiapkan Bromo sebagai daerah tujuan, biasanya akan menyisipkan Madakaripura sebagai destinasi wisata tujuan wisata. Sumber di Madakaripura menyebutkan, sebenarnya terdapat lima air terjun di kawasan ini. Ketika Anda sampai di kawasan  Madakaripura Anda dapat dengan mudah melihat tiga air terjun yang ada. Namun, untuk kedua air terjun lainnya, harus Anda cari terlebih dulu karena tersembunyi di balik air terjun lainnya. Smentara di tengah tebing, di balik air terjun yang paling besar, terdapat rongga menganga yang melintang secara horizontal. Penduduk setempat percaya, di lubang inilah Sang patih Gajah Mada duduk diam, untuk bersemedi dalam keheningan.

TRANSPORTASI AIR TERJUN MADAKARIPURA

Jika Anda ingin menjelajah Jawa Timur, air terjun Madakaripura patut dijadikan destinasi wisata Anda. Madakaripura dapat ditempuh dari Malang atau Probolinggo. Tidak perlu khawatir, untuk menuju air terjun ini Anda dapat dengan mudah, hanya dengan naik bus ke arah Tomang dan angkot Anda dapat langsung menuju lokasi. Sepanjang perjalanan dari Tomang ke Madakaripura Anda akan terkesima dengan pemandangan nan indah dan mempesona, namun Anda merasakan ketidak nyamanan saat diperjalanan karena kondisi jalan yang tidak bersahabat.

Aksesbilitas menuju air terjun Madakaripura berjarak sekitar 5 km dari lintas jalan raya menuju Bromo atau sekitar 45 menit dari lokasi wisata Gunung Bromo kea rah Probolinggo (ke utara). Namun jika Anda dari pusat kota kabupaten Probolinggo sekitar 30 km. Lokasi air terjun ini bisa dicapai dengan kendaraan pribadi ataupun mobi sewaan, dengan kisaran harga Rp 150.000,- PP + supir (harga ini dapat berubah sewaktu-waktu). Kondisi jalan yang akan Anda lalu berkelok kelok dan sudah beraspal akan tetapi sedikit sempit.

Sesampainya di pintu gerbang adan masuk ke area parkir, Anda diharuskan untuk berjalan kurang lebih 1 km melewati jalan setapak. Untuk menuju lokasi air terjun sebaiknya Anda menggunakan jasa pemandu, dikarenakan jalan menuju air terjun memiliki medan yang cukup berat. Di tambah lagi di lokasi ini sering tejadi banjir dan longsor. Untuk biaya ongkos pemandu sekitar Rp 50.000,- sekali jalan. Ketika harus dan lapar melanda, Anda tidak perlu khawatir mendekati lokasi air terjun akan ditemui bebrapa warung yang menjual minuman dan makanan.

Rasa lelah yang menghampiri Anda selama menuju lokasi air terjun ini, akan terbayarkan dengan sejuta pesona yang terpancarkan oleh air terjun ini. Tidak perlu khawatir di lokasi air terjun Aanda dapat bermain air dan mandi. Air yang turun deras dan memantulkan bianglala ini dikenal dengan sebagai air suci atau masyarakat sekita menyebutnya “Tirta Sewana.” Air ini, diercaya memilki khasiat luar biasa yang dapat menyembuhkan orang sakit dan dapat membuat Anda awet muda.

Fasilitas yang ada di kawasan wisata ini tergolong lengkap:

  • Warung : Anda tidak perlu khawatir, di kawasan air terjun ini tersedia cukup banyak warung yang menjajahkan berbagai ragam makan dan minuman. Jadi jika Anda lupa atau kehabisan bekal makanan dan minum tidak periu kawatir, Anda tetap bisa menemukan dengan mudah di lokasi wisata ini dengan harga cukup terjangkau.
  • Mushola : Untuk Anda yang beragama muslim, tidak perlu khawatir ibadah menjadi poin utama untuk Anda. Saat menikmati keindahan Alam yang telah diciptakan Sang Pencipta, Anda tetap dapat menjalankan kewajiban Anda di tempat ini.
  • Kamar mandi : Terdapat beberapa fasilitas kamar mandi yang telah disediakan pengelola, Anda dapat menggunakannya. Namun Anda harus tetap menjaga kebersihannya agar kamar mandi yang telah disediakan ini dapat terjaga dengan baik.
  • Tempat parkir : Seperti halnya tempat wisata lainnya, lokasi wisata ini menyediakan tempat parkir yang memadai. Namun Anda harus tetap berhati-hati agar perasaan Anda tidak was-was saat kendaraan Anda di parkir. Tetap jaga keamanan kendaraan Anda dengan mengunci ganda.
  • Penginapan : Objek wisata ini terbilang cukup di minati, maka dari itu banyak pelaku bisnis di bidang perhotelah cukup tertarik untuk mendirikan hotel dan penginapan di dekat area tempat wisata ini.


Tips Wisata ke Air Terjun Madakaripura

  • Jika Anda tidak ingin basah, jagan lupa untuk membawa payung atau jas hujan. Namun tidak perlu khawatir jika Anda tidak membawa atau lupa membawa, Anda dapat menyewa di kawasan wisata.
  • Membawa pakaian ganti, untuk mengantisipasi pakaian yang Anda kenakan terlanjur basah.
  • Gunakan alas kaki anti slip karena medan yang akan Anda lewati kondisinya licin
  • Jangan ragu untuk menggunakan jasa pemandu, karena mereka lebih mengertahui medan yang aman untuk Anda lalui.
  • Bawalah alat dokumentasi, namun Anda harus tetap berhati-hati saat membawanya dan lengakpi dengan pelindung anti air
  • Jagalah kebersihan, jangan mengotori apalagi merusakan keindahan alam yang ada di kawasasn air terjun ini. Alam ini terlalu sayang untuk Anda rusak. Selamat berlibur di air terjun Madakaripura ini, dan nikmati setiap moment indah diberikan oleh sang pencipta
  • Dan paling utama, jangan lupa berdo’a dan bersihkan hari dari niat jelak apapun.
  • Jika Anda pertama kali mengunjungi air terjun Madakaripura berhati-hati terhadap oknum-oknum yang memanfaatkan lokasi tersebut. Misalnya jika Anda menggunakan sepedah motor dan memparkirnya di warung, maka setelah Anda kembali Anda akan diminta uang dengan alas an mereka telah mencuci motor Anda, padahal pada kenyataannya sepedah motor Anda hanya disiram dengan air saja.

Bagaimana? Tertarik datang ke tempat wisata ini? Ayo ajak keluarga, teman, pacar atau bahkan sabahat ketempat ini. Ayo telusuri keindahan alam Indonesia.